Thursday, October 14, 2010

contoh RPP Pembelajaran tematik kelas 1 tema lingkungan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS I SEMESTER 1
TEMA : LINGKUNGAN
ALOKASI WAKTU 3 MINGGU

I. KOMPETENSI DASAR
1. PKN
1.2 Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah

2. BAHASA INDONESIA
1.2 Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana
3.2 Mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh denqan kalimat sederhana

3. MATEMATIKA
1.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan sampal 20
2.1 Menentukan waktu (pagi, siang, malam), hari dan jam (secara bulat)

4. ILMU PENGETAHUAN ALAM .
1.3 Membiasakan hidup sehat

5. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
1.1 Identitas diri, keluarga dan kekerabatan
:

II. INDIKATOR
1. PKN
• Menceritakan hidup rukun di rumah
• Membeni contoh hidup rukun di rumah
• Menjelaskan akibat tidak rukun di n.imah
• Menceritakan hidup rukun di sekolah
• Memberi contoh hidup rukun di sekolah
• Menjelaskan akibat tidak rukun di sekolah

2. BAHASA INDONESIA
• Mengenal huruf konsonan (n, m, b, p, k, d, s, t)
• Mernbaca’nyaring kalimat sederhana
• Mengenal huruf konsonan (n, m, b, p, k, d, s, t)
• Membaca nyaring kalimat sederhana
• Mendesknipsikan benda-benda di sekitar kita
• Menyebutkan kegunaan bendadi sekitar kita
• Mengenal anggota tubuh
• Mempraktikkan cara-cara merawat anggota tubuh

3. MATEMATIKA
• Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan bilangan 21-50
• Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pengurangan bilangan 21-50
• Menyelesaikan masalah dalam bentuk soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan bilangan 21-50
• Menyelesaikan masalah datam bentuk soal cerita yang berkaitan dengan pengurangan bilangan 2 1-50
• Memberi contoh kegiatan yang lama atau sebentar
• Membedakan waktu lama atau sebentar
• Melakukan kegiatan sehari-hari yang sebentar atau lama
• Menyebutkan urutan nama-nama hari dalam satu minggu
• Menyebutkan urutan nama-nama bulan dalam setahun

4. ILMU PENGETAHUAN ALAM
• Menjelaskan cara hidup sehat
• Menceritakan kebiasaan hidup sehat
• Menerapkan hidup sehat dalarn kehidupan sehari-hari

5. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
• Menyebutkan nama Iengkap dan nama panggilan
• Menyebutkan alamat tempat tinggal keluarga dan saudara
• Menyebutkan keluarga yang tinggal dalam satu rumah
• Melakukan sikap hormatpada orang lain (orang tua, saudara, guru, teman, dan lain- lain)

III. LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN AWAL
1. Doa bersama
2. Absensi siswa
3. Appersepsi : Menyanyikan lagu “Satu-Satu Aku Sayang Ibu”

B. KEGIATAN Inti
1. Menceritakan hidup rukun di rumah
2. Memberi contoh hidup rukun di rumah
3. Menjelaskan akibat tidak rukun dirumah
4. Menceritakan hidup rukun di sekolah
5. Memberi contoh hidup rukun di seko!ah
6. Menjelaskan akibat tidak rukun di sekolah
7. Membaca nyaring dengan lafal dan intonasi yang tepat
8. Menjelaskan akibat tidak rukun dirumah
9. Menceritakan hidup rukun di sekolah
10. Mendeskripsikan benda-benda di sekitar kita
11. Menáeritakan kegunaan benda di sekitar kita
12. Mengenalkan anggota tubuh
13. Mempraktikkan cara-cara merawat anggota tubuh
14. Menyelesaikan rnasalah yang berkaitan dengan penjumlahan bilangan 2 1-50
15. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pengurangan bilangan 21-50
16. Menyelesaikan masalah dalam bentuk soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan bilangan 21-50
17. Menyelesaikan masalah dalam bentuk soal cerita yang berkaitan dengan pengurangan bilangan 21-50
18. Bersama-sama menyanyikan lagu “Nama-nama Hari”
19. Memberl contoh kegiatan . yang lama atau sebentar
20. Membedakan waktu lama atau sebentar
21. Melakukan kegiatan sehari-hari yang sebentar atau lama
22. Menyebutkan urutan nama-nama hari dalam satu minggu
23. Menyebutkan urutan nama-nama bulan dalam setahun
24. Menjelaskan cara hidup sehat
25. Menjelaskan kebiasaan hidup sehat
26. Mempraktikkan hidup sehat
27. Menjelaskan kebiasaan hidup sehat
28. Mempraktikkan hidup séhat
29. Menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan
30. Menyebutkan alamat tempat tinggal keluarga dan saudara
31. Menyebutkan keluarga yang tinggal dalam satu rumah
32. Melakukan sikap honmat pada orang lain (orang tua, saudara, guru, teman, dan lain-lain)
(Langkah-Jangkah kegiatan disesuaikan dengan jadwal pelajaran masing¬ masing sekoIah)\

C. KEGIATAN AKHIR
1. Siswa melaksanakan tugas portofolio
2. Pelajaran ditutup dengan lagu “Aku Anak Sehat”

IV. METODE, SUMBER, MEDIA PEMBELAJARAN
A. METODE
1. Ceramah 4. Tanya Jawab
2. Demonstrasi 5. Tugas
3. Game

B. SUMBER
1. Buku Tematik Kelas I
(Terdiri dari PKN, B. Indonesia, Matematika, IPA, IPS)
2. Pengembangan Guru

C. MEDIA
1. Kartu bilangan
2. Kartu huruf
3. Kantu kata
4. Gambar-gambar yang relevan

V. PENILAIAN
1. Lisan
2. Tertulis
3. Perbuatan
4. Portofolio

No comments:

Post a Comment