Wednesday, September 22, 2010

Skenario Pembuatan Ponsel Facebook

Skenario Pembuatan Ponsel Facebook ; Facebook boleh saja telah membantah rumor yang menyebutkan jika situs jejaring sosial itu tengah berencana untuk membuat ponsel. Meski demikian, isu tersebut tak lantas selesai begitu saja. Ponsel facebook IMO B9000 adalah ponsel facebook kelas murah yang menawarkan kenyamanan setingkat BlackBerry Bold 9000. JIka dibandingkan bentuk fisiknya, IMO B9000 memang mirip sekali dengan BlackBerry Bold 9000.

Sosok yang menjadi whistle blower ini tentu bukan orang biasa. Melainkan mantan senior manager produk Android di Google, Erick Tseng yang sekarang hijrah ke Facebook. Tseng memang tak secara frontal menyebut Facebook bakal membuat ponsel. Ia hanya menuliskan jika pihaknya berencana untuk berinovasi di bidang mobile dan sosial. Sebelumnya dua developer handal Facebook -- Joe Hewitt dan Matius Papakipos -- dikabarkan bekerja khusus untuk proyek rahasia tersebut. Keduanya memiliki banyak pengalaman dalam sistem operasi, khususnya untuk ponsel cerdas.

Sementara menurut sumber lainnya, proyek tersebut akan menyesuaikan versi Android dengan desain sendiri dan integrasi Facebook pada tampilan utama. Proyek rahasia itu mungkin bisa menjelaskan mengapa Tseng membelot ke Facebook.

Skenario yang paling mungkin adalah Facebook akan menggandeng produsen ponsel HTC atau vendor lainnya agar bisa mendapatkan tempat khusus di OS Android.

Yang jelas saat ini nama Facebook memiliki visibilitas yang sangat tinggi terutama pada konsumen muda. Apalagi dengan balutan ponsel canggih layaknya smartphone. Tak ada salahnya bila Facebook membuat terobosan baru di bidang ini.

Facebook boleh membantah. Sama halnya seperti ketika Google yang mengeluarkan jurus serupa beberapa tahun silam saat diberondong pertanyaan soal rencananya membuat ponsel. Toh, pada akhirnya Nexus One muncul sebagai smartphone besutan Google yang digarap bersama-sama dengan HTC. Jadi bukan tidak mungkin pula Facebook memakai jurus yang sama seperti Google.

No comments:

Post a Comment