Tuesday, October 26, 2010

Cara merawat kerajinan tembaga dan kuningan

Cara merawat kerajinan tembaga dan kuningan : Dalam proses produksi kerajinan tembaga kami menggunakan finishing dengan coating yang berkualitas pada setiap produk yang kami produksi. Atau yang biasa disebut Finishing clear coating. Hal ini kami maksudkan agar produk yang kami berikan lebih memuaskan konsumen.

Sebagaimana dalam proses produksi kerajinan tembaga maupun kuningan, ada dua pilihan coating yaitu clear mengkilat dan doff. Dan pada dasarnya kerajinan tembaga yang kita produksi, baik clear mengkilat maupun doff sudah tidak memerlukan perawatan lebih lanjut. Terkecuali jika produk diminta untuk tidak ditambah finishing coating. Jika keadaannya demikian, maka diperlukan adanya perawatan.

Pada asalnya, finishing clear coating ini digunakan untuk menjaga warna agar tidak mudah berubah dan tetap tahan terhadap cuaca. Hal ini dimaksudkan agar hasil kerajinan tembaga maupun kuningan tasi tetap bisa dalam kondisi bagus baik digunakan di dalam maupun di luar ruangan. Intinya, proses finishing clear coating ini dimaksudkan untuk menjaga keadaan hasil kerajinan tersebut agar tetap dalam kondisi bagus, entah itu digunakan di dalam maupun di luar ruangan. Termasuk juga untuk mempertahankan hal tersebut seperti ketika digunakan untuk tempat air, terkena detergen atau terkena air hujan selaipun. Dengan adanya proses finishing clear coating ini, semua hal di atas bisa teratasi.

Namun meskipun demikian, bukan berarti secara mutlak produk hasil kerajinan tadi tidak memerlukan perawatan. Produk tersebut sudah seharusnya dihindarkan dari kontak langsung dengan air garam dan zat-zat asam. Unsur-unsur kimia seperti ini jika menempel pada coating dalam intensitas tinggi dan kontinyu, hal ini dapat merusak lapisan coating. Yang akhirnya, bisa merusak dan mengubah warna logam ini, baik itu pada tembaga maupun kuningan.

Walau demikian, kerajinan logam tembaga dan kuningan tetap dapat mengambil nilai positif (antik) dari proses oksidasi alami ini. Tembaga dan kuningan tidak akan rusak dan hancur, melainkan akan semakin menaikkan nilai seni produk, inilah kelebihan menggunakan tembaga dan kuningan.yang kami nawarkan dengan kualitas coating dengan kualitas standard hotel untuk interior hotel dalam craft tembaga.

Adapun untuk produk-produk yang tidak melalu proses finishing coating, maka untuk merawatnya kita bisa menggunakan lansol (batu hijau) atau braso kemudian diselep atau diusap-usap maka produk akan mengkilap lagi. Tetapi jika sudah di clear coating bias dikatakan produk itu permanent. Demikian sedikit tips merawat kerajinan tembaga dan kuningan. Semoga bisa bermanfaat.

No comments:

Post a Comment